Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

VIABILITAS BENIH KAKAO (Theobroma cacao L.) PADA JENIS MEDIA PENYIMPANAN BERBEDA DAN PERIODE WAKTU PENYIMPANAN BERBEDA

ACHSYAN FADLIH, - (2021) VIABILITAS BENIH KAKAO (Theobroma cacao L.) PADA JENIS MEDIA PENYIMPANAN BERBEDA DAN PERIODE WAKTU PENYIMPANAN BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Benih kakao peka terhadap suhu dan kelembaban, tergolong kepada benih rekalsitran, sangat dibutuhkan penanganan yang tepat dalam penyimpanan benih untuk mempertahankan viabilitas benih kakao. Selama periode penyimpanan harus diberi perlakuan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media penyimpanan arang sekam padi dan serbuk gergaji, periode waktu penyimpanan, dan interaksi antara keduanya terhadap viabilitas benih kakao. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2020 di Laboratorium Agronomi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah media simpan yang terdiri dari dua taraf yaitu (arang sekam padi (S1) 100 gram + 50 mL aquades dan serbuk gergaji (S2) 100 gram + 50 mL aquades) sedangkan faktor kedua adalah periode waktu penyimpanan yang terdiri atas 6 taraf yaitu (0, 1, 2, 3, 4, 5 minggu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media penyimpanan tidak berpengaruh nyata terhadap parameter penelitian, antara lain: keragaan benih normal, kadar air benih, persentase kecambah benih, indeks vigor, dan benih berjamur, namun berpengaruh nyata terhadap indeks vigor dan terdapat interaksi terhadap periode waktu penyimpanan. Periode waktu penyimpanan sampai 3 minggu berpengaruh nyata terhadap persentase kecambah benih dan berbeda nyata terhadap kontrol, kadar air benih, indeks vigor, dan benih berjamur. Media simpan yang terbaik dalam mempertahankan viabilitas benih kakao selama penyimpanan adalah arang sekam padi. Kata kunci: Kakao, Viabilitas, Media Simpan dan Periode Penyimpanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 23 Feb 2021 16:19
Last Modified: 23 Feb 2021 16:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46205

Actions (login required)

View Item View Item