Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PESAN-PESAN AKHLAK KISAH NABI AYYUB A.S DALAM AL-QURAN (STUDI TEMATIK)

MOHD FIDAAUDDEEN BIN MOHD SUHAIMI, - (2020) PESAN-PESAN AKHLAK KISAH NABI AYYUB A.S DALAM AL-QURAN (STUDI TEMATIK). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
bab 1-3 beserta lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab IV-V.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “ Pesan-Pesan Akhlak Kisah Nabi Ayyub A.S Dalam Al-Quran (Studi Tematik) yang bertujuan untuk mengetahui penafsiran kisah Nabi Ayyub a.s dalam Al-Quran dan untuk mengetahui apa sahaja pesan-pesan akhlak yang terdapat dalam kisah Nabi Ayyub a.s. kisah Nabi Ayyub adalah merupakan satu kisah yang diceritakan oleh Allah dalam Al-Quran untuk dijadikan Ibrah (pengajaran) kepada menusia sekalian alam. Ulama tafsir banyak menafsirkan kisah para Nabi di dalam kitab tafsirnya dengan berbagai penafsiran yang berbeda, ini adalah bertujuan untuk memudahkan ummat islam memahami isi kandungan Al-Quran dengan jelas dan benar. Penelitian ini adalah penelitian kepustatakaan (library research), yaitu penelitian yang menggunakan sumber/rujukan berupa kitab, buku, jurnal, majalah dan sebagainya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tematik yakni salah satu metode penafsiran Al-Quran dengan cara menghimpunkan ayat-ayat Al-Quran yang terkait dengan tema tertentu. Lalu menafsirkan ayat-ayat tersebut dengan kitab-kitab para mufassir yakni kitab tafsir Jami Al-Bayan An-Ta’wil Ay Al-Quran karangan Imam Muhammad Bin Jarir At-Thabari, kitab tafsir Al-Quran Al-Adzim karangan Imam Abu Al-Fida’ Imaduddin Bin Katsir, kitab tafsir Al-Jami’ Lil Ahkam Al-Quran karangan Abu Abdullah Muhammad Bin Ahmad Bin Abu Bakar Al-Qurthubi, dan kitab tafsir Al-Munir karangan Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili. Dari penelitian, dirumuskan bahwa kisah Nabi Ayyub A.S banyak membicarakan tentang ujian-ujian yang dihadapi oleh Baginda. Bermula dari ujian kehancuran harta bendanya, kematian ahli keluarganya serta baginda ditimpakan penyakit kulit yang kronik. Namun dapat difahami bahwa penyakit yang menimpa para Nabi itu tidaklah dapat menjatuhkan kemuliaan martabat seorang Nabi. Dalam kisah Nabi Ayyub ini juga diceritakan bagaimana Nabi Ayyub berdoa kepada Allah dengan sebaik-baik doa dan beradab sopan dengan Tuhannya. Berkah doa seorang Nabi, Allah langsung menyembuhkan baginda dengan kesembuhan yang sempurna sehinggakan melebihi dari yang dikaruniakan sebelumnya. Dari kisah Nabi Ayyub ini juga dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai-nilai akhlak yang dapat diambil bagi dijadikan pedoman dalam hidup, bermula dari kesyukuran Nabi Ayyub atas kenikmatan, serta kesabaran Nabi Ayyub atas ujian yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:05
Last Modified: 24 Feb 2021 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46189

Actions (login required)

View Item View Item