Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA REMAJA YANG MEMILIKI ORANG TUA TUNGGAL DI PANTI ASUHAN PEKANBARU

MUHARRAMA TRIFIRIANI, - (2021) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA REMAJA YANG MEMILIKI ORANG TUA TUNGGAL DI PANTI ASUHAN PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA REMAJA YANG MEMILIKI ORANG TUA TUNGGAL DI PANTI ASUHAN PEKANBARU Muharrama Trifiriani Magister Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau muharramatrifiriani@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dukungan sosial dan locus of control eksternal terhadap psychological well being pada remaja yang memiliki orang tua tunggal (single parent) di Panti Asuhan. Tidak semua remaja mampu mencapai psychological well being dengan baik. Salah satunya remaja yang memiliki orang tua tunggal (single parent) karena ketiadaan salah satu orang tua pada masa remaja akan menimbulkan dampak tersendiri bagi keberlangsungan hidup remaja. Penelitian ini dilakukan pada 114 remaja yang memiliki orang tua tunggal (single parent) di Panti Asuhan Pekanbaru. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala psikologis yaitu skala dukungan sosial, skala locus of control eksternal, dan skala psychological well being. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa kontribusi dukungan sosial terhadap psychological well being secara langsung adalah sebesar 4,5%, dan kontribusi locus of control eksternal terhadap psychological well being secara langsung sebesar 8,5%. Dengan kontribusi dukungan sosial 4,5 % dan kontribusi locus of control eksternal 8,5% tersebut dapat diketahui bahwa 87% yang dimiliki remaja yang memiliki orang tua tunggal (single parent) di Panti Asuhan dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Dukungan Sosial, Locus of control Eksternal, Psychological well being, Remaja, Orang tua Tunggal (Single Parent).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 23 Feb 2021 10:50
Last Modified: 23 Feb 2021 10:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46162

Actions (login required)

View Item View Item