Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Dalam Menyosialisasikan Sapta Pesona Kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)

Bayu Azi Pangestu, Bayu (2020) Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Dalam Menyosialisasikan Sapta Pesona Kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya objek wisata yang kurang menarik serta monoton yang ada di kabupaten Kampar.Menyosialisasikan sapta pesona kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) bertujuan untuk meningkatkan kualitas objek wisata agar semakin menarik dan diminati oleh wisatawan. Proses penyampaian Sapta Pesona kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) adalah strategi utamanya.Jenis Penelitian ini menggunakan metode pendekatan analisis deskriptif kualitatif.Dengan menggunakan teori strategi komunikasi dari Onong Uchjana Effendy yaitu mengenal sasaran, menentukan media, menyusun pesan, dan menentukan komunikator.Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kampar menetapkan Pokdarwis dalam sosialisasi Sapta Pesona.Sosialisasi ini menggunakan media massa seperti media elektronik/media daring dan juga media nirmassa, contohnya baliho, spanduk, dan poster. Pesan yang disampaikan dalam sosialisasi adalahtujuh unsur sapta pesona yaitu keindahan, kebersihan, kesejukan, ketertiban, keramahan, keamanan, dan kenangan.Komunikator dipilih berdasarkan kredibiltas, serta orang yang kompeten dalam bidang kepariwisataan, seperti GenPi dan HPI (himpunan pramuwisata Indonesia). Penelitian ini diharapkan bisa menambah referensi bagi Dinas Pariwisata maupun pemerintah untuk lebih meningkatkan kualitas objek wisata di wilayahnya masing-masing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Sapta Pesona, Pokdarwis
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Feb 2021 15:51
Last Modified: 23 Feb 2021 15:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46141

Actions (login required)

View Item View Item