PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMPN 21 PEKANBARU

Alfean Oktavianur, (2014) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMPN 21 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMPN 21 Pekanbaru?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 21 Pekanbaru. sampel penelitian ini adalah siswa SMPN 21 Pekanbaru kelas VIII.4 yang berjumlah 40 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII.3 yang berjumlah 40 orang sebagai kelas (kontrol). Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kemampuan komunikasi matematika siswa SMPN 21 Pekanbaru sebagai variabel terikat dan penerapan pendekatan RME sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan RME dan dua pertemuan lagi dilaksanakan pretest dan postest. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh hasil uji tes-t sebesar 3,35 yang lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 1,99 dan 2,64. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMPN 21 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 16:38
Last Modified: 10 May 2016 16:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4614

Actions (login required)

View Item View Item