Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BOKASHI LIMBAH KULIT KAKAO TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum mill.)

Widia Harisandi, - (2021) PENGARUH BOKASHI LIMBAH KULIT KAKAO TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum mill.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)

Abstract

PENGARUH BOKASHI LIMBAH KULIT KAKAO TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum mill.) Widia Harisandi: 11382204817 Di bawah bimbingan Bakhendri Solfan dan Yendraliza INTISARI Tomat merupakan salah satu komoditas hortikultura yang sangat potensial untuk dikembangkan, karena mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dan berpotensi sebagai produk ekspor. Cara untuk meningkatkan hasil tanaman tomat, bisa di terapkan dengan memberikan bokashi limbah kulit kakao. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bokashi limbah kulit Kakao terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Tomat. Penelitian ini dilaksanakan di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan dan di Laboratorium UIN Agriculture Research Development Station (UARDS) pada bulan September sampai Desember 2020. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap satu faktor dengan perlakuan yaitu B0 = tanpa pupuk bokashi (kontrol), B1 = 50 g/tanaman, B2 = 100 g/tanaman, B3 = 150 g/tanaman, B4 = 200 g/tanaman. Parameter pengamatan dalam penelitian ini adalah Tinggi atanaman, jumlah buah pertanaman, bobot buah/buah, bobot buah pertanaman, diameter buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan nyata pada pemberian bokashi limbah kulit Kakao terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Tomat yakni pada parameter tinggi tanaman dengan nilai 76,60, jumlah buah 24,00, bobot buah perbuah 23,80, bobot buah pertanaman 566 g pertanaman, diameter buah dengan nilai 3,80. Pemberian Bokashi limbah kulit Kakao terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Tomat yang paling nyata terdapat pada perlakuan B4 = 200 g/tanaman. Kata kunci: Bokashi Limbah Kulit Kakao; Tanaman Tomat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 23 Feb 2021 13:56
Last Modified: 23 Feb 2021 13:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46139

Actions (login required)

View Item View Item