Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX (GLCM) DAN LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ) UNTUK KLASIFIKASI PENYAKIT RETINA MATA

Muhammad Fajar Teguh Putra, - (2021) PENERAPAN GRAY LEVEL CO-OCCURRENCE MATRIX (GLCM) DAN LEARNING VECTOR QUANTIZATION (LVQ) UNTUK KLASIFIKASI PENYAKIT RETINA MATA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB I-II-III-VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV-V)
BAB IV-V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mata sebagai indera penglihatan merupakan organ vital yang mempunyai peranan sangat penting untuk menerima informasi visual, sebagai pengembangan diri dan kualitas hidup manusia, Hasil survei yang dilakukan tahun 1993 di Indonesia penderita penyakit mata yang mengakibatkan kebutaan mencapai 1,5%, sedangkan tahun 2003 mencapai angka 2,2% dan pada tahun 2007 dengan angka 1,67%. Angka-angka tersebut membuat Indonesia menjadi negara dengan tingkat kebutaan tertinggi kedua setelah Ethophia, Identifikasi diabetic retinophaty secara manual cenderung membutuhkan waktu yang lama dan memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pengamatan, Penerapan Metode Gray Level Co-Occurrence Matrix (GLCM) sebagai ekstraksi ciri orde dua dapat mengambil ciri dari citra retina diabetic retinophaty dan penggunaan metode Generalized Learning Vector Quantization (GLVQ) dapat mengelompokkan hasil-hasil citra sehingga mempermudah klasifikasi penyakit diabetic retinophaty. Pada penelitian ini hasil yang di peroleh menunjukkan pembelajaran terbaik dilakukan dengan menggunakan α=0,01, maksimum epoch = 1000 dan mendapat akurasi terbesar pada persentasi 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 23 Feb 2021 15:17
Last Modified: 23 Feb 2021 15:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46134

Actions (login required)

View Item View Item