Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Generative Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru

Idris Al Bashor, - (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Generative Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Idris Al Bashor, (2020): Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Generative Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam pembelajaran matematika yang valid dan praktis, serta dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi Barisan dan Deret. Pengembangan LKPD berbasis model generative Learning ini mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah para ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari 3 dosen dan 2 guru, serta 7 peserta didik untuk uji kelompok kecil dan 25 peserta didik untuk uji kelompok besar. Objek penelitian adalah LKPD matematika berbasis model generatie learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas oleh para ahli, angket uji praktikalitas dan tes kemampuan penalaran matematis. Angket uji validitas bertujuan untuk mengetahui validitas LKPD berbasis model generative learning, angket uji praktikalitas bertujuan untuk mengetahui praktikalitas LKPD berbasis model generative learning dan tes bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis model generative learning. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKPD berbasis model generative learning yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (81,25%) dan sangat praktis (92,18% untuk kelompok kecil dan 90,90% untuk kelompok besar). Sedangkan kemampuan penalaran matematika siswa setelah menggunakan LKPD berbasis inkuiri, mendapat predikat Tinggi (77,96%). Hal tersebut menunjukkan bahwa LKPD matematika berbasis model generative learning ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematis. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model Generative Learning, Kemampuan Penalaran Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:33
Last Modified: 23 Feb 2021 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46110

Actions (login required)

View Item View Item