Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Kebijakan Kurikulum Kondisi Khusus Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota

Imam Farih, - (2021) Implementasi Kebijakan Kurikulum Kondisi Khusus Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
repostory 2 ok.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img]
Preview
Text
Repostory Imam Farih full kecuali BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Imam Farih (2021) : Implementasi Kurikulum Kondisi Khusus Pandemi Covid-19 Pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Tesis, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indoneisa Tentang Kurikulum Kondisi Khusus Nomor: 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus merupakan upaya pemerintah dalam menjamin pelaksanaan pendidikan di Indonesia dalam masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi kurikulum kondisi khusus pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota, Faktor pendukung dan penghambat, dan solusi yang diambil apabila didapati faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang menggunakan metode mereduksi data, menganalisa data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum yang digunakan di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota adalah kurikulum darurat dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang disederhanakan untuk Kondisi Khusus. Guru membuat perencanaan pembelajaran dengan mengacu kepada kurikulum darurat, pembelajaran dilaksanakan dengan cara pembelajaran jarak jauh (daring), terdapat faktor pendukung yakni sarana dan prasarana yang memadai, dan faktor penghambat adalah kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis IT, solusi yang diambil adalah melakukan pelatihan guru dalam hal pembelajaran berbasis IT. Kata Kunci: Kurikulum, Covid-19, PAI

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum > 375.001 Perkembangan Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 23 Feb 2021 05:24
Last Modified: 27 Apr 2022 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46097

Actions (login required)

View Item View Item