POLA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI PT IKPP TBK PERAWANG

Melisa, (2014) POLA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI PT IKPP TBK PERAWANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Mengingat bahwa masyarakat lokal merupakan stakeholder dari sebuah perusahaan terlebih lagi masyarakat lokal yang sedang terjerat dalam kemiskinan karena tidak punya pekerjaan yang cukup memadai, modal usaha yang tidak ada dan potensi yang perlu untuk dilatih serta dikembang lagi hal itulah yang dialami oleh masyarakat di sepanjang sungai Siak, oleh karena itu perlu adanya sebuah program pemberdayaan masyarakat yang dalam hal ini PT. Indah Kiat Pulp & Paper melakukan program pemberdayaan masyarakat melalui sebuah kegiatan yaitu Corporate Social Responsibility yang merupakan sebuah tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat lokal atau Stakeholder. Pelaksanaan CSR diatur dalam pasal 74 Undang-Undang Perseroan Terbatas (UUPT) yaitu UU Nomor 40 Tahun 2007. Melalui undang-undang ini perusahaan serta BUMN diwajibkan untuk melaksanakan CSR. Dan dalam hal ini PT. IKPP Tbk Perawang merupakan sebuah perusahaan yang juga wajib melaksanakan program CSR. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan corporate social responsibility bidang ekonomi di PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Perawang.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pola pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan corporate social responsibility di PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Perawang Kabupaten Siak. Teori yang digunakan untuk mendukung pembahasan dalam penelitian ini adalah teori stakeholder (publik eksternal perusahaan) khususnya yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan corporate social responsibility. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi (arsip) perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teori dan pendapat pakar yang relevan. Penelitian ini dilakukan di PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk Perawang (PT. IKPP) pada Public Relations Unit. Yang menjadi subjek penelitian 5 (lima) orang staf public relations unit sebagai pelaksana program CSR ekonomi, dan objek penelitian adalah pola pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan CSR. Dan validitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan corporate social responsibility yang dilakukan di PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk Perawang sudah berjalan dengan baik hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah program pemberdayaan di bidang ekonomi yaitu adanya pelaksanaan program CSR langsung kepada masyarakat, adanya pendirian yayasan, adanya kerjasama perusahaan dengan pihak lain dalam menyelenggarakan CSR, perusahaan turut mengikuti konsorsium untuk membahas permasalahan CSR., serta adanya peran dari Public Relations Unit dalam pelaksanaan program CSR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 10 May 2016 04:28
Last Modified: 10 May 2016 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4607

Actions (login required)

View Item View Item