Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW-WANT TO KNOWLEARNED) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN SURAT PENDEK KELAS IV SDN 031 PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU

Zaida Adlina (2010) PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW-WANT TO KNOWLEARNED) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN SURAT PENDEK KELAS IV SDN 031 PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011169.pdf

Download (739kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 031 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu, terdapat beberapa fenomena dalam proses belajar mengajar yaitu : Sebagian siswa tidak dapat melafalkan huruf-huruf Al-Qur'an dengan baik, terilihat dari 29 siswa hanya 14 orang atau 49% yang cukup baik dalam melafalkan huruf-huruf Al-Qur’an. Sebagian siswa tidak dapat melafalkan kata dalam Al-Qur'an dengan baik. Sebagian siswa tidak dapat melafalkan huruf-huruf Al-Qur'an melalui kalimat/ayat dengan benar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah penerapan strategi KWL (Know-Want To Know-Learnted) untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an surat pendek siswa kelas IV SDN 031 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa dalam menerapkan Strategi Pembelajaran Know-Want To Know-Learned dalam proses pembelajaran. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerepan Strategi Pembelajaran Know-Want To Know-Learned untuk meningkatkan Kemampuan siswa membaca Al-Qur’an surat pendek kelas IV SDN 031 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, serta observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil evaluasi pada kemampuan siswa sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata persentase sebesar 49,59, artinya dengan angka yang demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa membaca Al-Qur’an masih tergolong kurang baik. Oleh sebab itu, maka peneliti yang merangkap sebagai guru melakukan langkah-langkah perbaikan terhadap kemampuan siswa membaca Al-Qur’an, setelah tindakan dilakukan ternyata dari data awal terjadi peningkatan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an pada siklus I yang itu sebesar 70,40% dengan kategori cukup baik. Kemudian kemampuan siswa membaca Al-Qur’an juga terjadi peningkatan pada siklus II yaaitu sebesar 80,97, dengan kategori baik. Maka penelitian ini dapat dikatan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 05:56
Last Modified: 21 Dec 2015 05:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item View Item