Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KARAKTER PILAR RASA INGIN TAHU DENGAN PENDEKATAN MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Afrilia Wulandini, - (2021) DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KARAKTER PILAR RASA INGIN TAHU DENGAN PENDEKATAN MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AFRILIA WULANDINI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Afrilia Wulandini, (2020): Desain dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pilar Rasa Ingin Tahu dengan Pendekatan Multipel Representasi pada Materi Hidrolisis Garam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya bahan ajar yang dapat mendorong rasa ingin tahu peserta didik dengan melibatkan tiga level representasi kimia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis karakter pilar rasa ingin tahu dengan pendekatan multipel representasi pada materi hidrolisis garam dan menguji tingkat validitas, praktikalitas, serta respon peserta didik terhadap LKPD yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan/Research and Development (R & D) dengan menggunakan model Borg & Gall. Subjek dalam penelitian terdiri dari 1orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli media, 1 orang guru kimia, dan 15 peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 1 Lirik. Adapun objek penelitian adalah LKPD berbasis karakter pilar rasa ingin tahu dengan pendekatan multipel representasi pada materi hidrolisis garam. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket validitas, angket praktikalitas, angket respon siswa, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas LKPD sebesar 82,6% dengan kriteria sangat valid, tingkat praktikalitas sebesar 80,0% dengan kriteria praktis, dan respon peserta didik terhadap LKPD sebesar 86,6% dengan kriteria sangat baik. Oleh karena itu, LKPD yang dihasilkan dapat dipergunakan sebagai bahan ajar di Sekolah. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Karakter Pilar Rasa Ingin Tahu, Hidrolisis Garam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Feb 2021 01:28
Last Modified: 23 Feb 2021 01:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45707

Actions (login required)

View Item View Item