Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FRAKSI SERAT SILASE BERBASIS LIMBAH UBI KAYU (Manihot esculenta) DENGAN PENAMBAHAN LEVEL ONGGOK DAN LAMA FERMENTASI YANG BERBEDA

Lovea Melisa, - (2021) FRAKSI SERAT SILASE BERBASIS LIMBAH UBI KAYU (Manihot esculenta) DENGAN PENAMBAHAN LEVEL ONGGOK DAN LAMA FERMENTASI YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIMRIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASILDAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk pakan ternak ruminansia khususnya pada musin kemarau adalah limbah ubi kayu (Manihot esculenta) yang dapat diolah menjadi pakan kering seperti silase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fraksi serat yang terkandung dalam silase daun ubi kayu dengan penambahan level onggok dan lama fermentasi yang berbeda. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai bulan Mei 2017 di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Kimia Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial dengan dua faktor perlakuan yaitu faktor A (level penambahan onggok) dan faktor B (lama fermentasi), dan 3 ulangan. Faktor A terdiri dari 3 taraf yaitu A1 (0%), A2 (25%) dan A3 (50%) dan faktor B merupakan lama penyimpanan terdiri dari 3 taraf yaitu B1 (0 hari), B2 (14 hari) dan B3 (28 hari). Parameter yang diukur adalah komposisi fraksi serat meliputi Neutral Detergent Fiber (NDF), Acid Detergent Fiber (ADF), Acid Detergent Lignin (ADL), hemiselulosa dan selulosa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya interaksi antara penambahan level onggok dan lama fermentasi yang berbeda terhadap kandungan fraksi serat NDF, ADF, ADL, Hemiselulosa dan Selulosa. Dapat disimpulkan penambahan level onggok 50% dan lama fermentasi 28 hari mampu memperbaiki kualitas fraksi serat silase ubi kayu yang terbaik dengan nilai rataan 26,346%. Kata kunci: Fraksi serat, Silase, Limbah ubi kayu, onggok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:53
Last Modified: 22 Feb 2021 07:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45674

Actions (login required)

View Item View Item