Muliyani Barasa, - (2021) DESAIN DAN UJI COBA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI LARUTAN LEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI MULIYANI BARASA.pdf Download (23MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Muliyani Barasa, (2020): Desain dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Latar belakang penelitian ini adalah belum dikembangkannya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit sebagai sumber belajar peserta didik. Selain itu peserta didik belum mampu membuat hubungan antara yang mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan tersebut diaplikasikan dalam kehidupan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis kontekstual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dan mengetahui tingkat validitas, praktikalitas serta respon peserta didik terhadap LKPD yang dihasilkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD), model penelitian yang digunakan yaitu menurut Borg & Gall yang dibatasi sampai tahap ke-5. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tambang dengan subjek penelitian adalah ahli desain media lembar kerja peserta didik, ahli materi pembelajaran, guru-guru kimia dan peserta didik. Objek penelitian adalah lembar kerja peserta didik berbasis kontekstual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari angket. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas, dan angket uji respon peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Lembar kerja peserta didik yang dihasilkan telah teruji valid dari ahli media dan ahli materi dengan persentase 84,52% (sangat valid), dan teruji praktis dengan persentase 87,4% (sangat praktis), dan respon peserta didik dengan persentase 89% (sangat baik). Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa LKPD berbasis kontekstual pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit sudah valid dan praktis sehingga layak dijadikan bahan ajar tambahan guru disekolah. Kata Kunci: Kontekstual, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 07:42 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 07:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45672 |
Actions (login required)
View Item |