Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IDENTIFIKASI BAHAYA DAN PENGENDALIAN RESIKO KECELAKAAN KERJA PADA AREA LANTAI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROBINSON, HIRA DAN FTA (Studi Kasus : PT. Inecda)

AFRIANI PUTRI, - (2021) IDENTIFIKASI BAHAYA DAN PENGENDALIAN RESIKO KECELAKAAN KERJA PADA AREA LANTAI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROBINSON, HIRA DAN FTA (Studi Kasus : PT. Inecda). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KERJA PADA AREA LANTAI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROBINSON, HIRA DAN FTA (Studi Kasus: PT. Inecda) AFRIANI PUTRI 11652200207 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK PT. Inecda merupakan perusahaan penghasil buah sawit segar dan sekaligus memproduksinya menjadi Crude Palm Oil (CPO) dan Palm Kernel (PK). Permasalahan yang terjadi di PT. Inecda adalah masih terdapat kecelakaan kerja dari tahun 2016 sampai tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya kecelakaan menggunakan metode Robinson, mengetahui jenis resiko bahaya yang ditimbulkan pada lantai produksi berdasarkan penilaian matrik resiko dan memberikan usulan pengendalian risiko kecelakaan kerja pada PT. Inecda menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA). Biaya kecelakaan kerja yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan pada tahun 2016 adalah sebesar Rp 16.864.280 tahun 2017 sebesar Rp 1.678.987,00 di Tahun 2018 yaitu sebesar Rp 4.505.526,00 dan biaya yang dikeluarkan pada Tahun 2019 adalah sebesar Rp 9.836.312,00. Jenis resiko bahaya yang ditimbulkan berdasarkan penilaian matriks resiko 18 potensi bahaya yang berkatagori High Risk, 8 resiko bahaya yang berkatagori Moderate Risk dan terdapat 11 resiko bahaya yang berkatagori Low Risk. Usulan perbaikan yang diberikan adalah melakukan pemeriksaan seluruh komponen mesin dengan teliti sebelum mengoperasikan mesin. Pastikan semua komponen berfungsi dengan baik. Membersihkan lingkungan kerja secara rutin. Diadakan pelatihan K3 dan mewajibkan pekerja menggunakan APD. Memberikan sanksi bagi pekerja tidak menggunakan APD dan reward bagi pekerja yang menggunakannya. Melakukan pengawasan dan diadakan apel setiap pagi sebelum melakukan pekerjaan. Kata Kunci: Fault Tree Analisys, Hazard Identification, Penilaian Matriks Resiko, Robinson

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 23 Feb 2021 01:45
Last Modified: 23 Feb 2021 01:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45662

Actions (login required)

View Item View Item