HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENILAIAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 TAPUNG HILIR KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Ida Ratna Ningsih, (2014) HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENILAIAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 TAPUNG HILIR KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variavbel, yaitu kemampuan guru dalam penilaian (variabelbebas/independen atau variabel X) dengan hasil belajar siswa (variabl dependen/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan guru dalam penilaian dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Tapung Hilir Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas VIII SMP Negeri 2 Tapung Hilir Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah hubungan antara kemampuan guru dalam penilaian dengan hasil belajar siswa. Populasinya adalah siswa kelas kelas VIII yang berjumlah 108 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 52 orang yang diambil secara random sampling. Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari alisis dengan menggunakan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistcal Package For the Social Sciens) versi 19.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan guru dalam penilaian dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Tapung Hilir Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar dengan kontribusi kemampuan guru dalam penilaian dengan hasil belajar siswa adalah Antara variabel X dan Variabel Y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana rxy = 0,685, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,273 <0,703> 0,354, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. yang berarti kemampuan guru dalam penilaian mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Tapung Hilir Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Korelasi Kemampuan Guru dalam Penilaian Dengan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 09 May 2016 04:20
Last Modified: 09 May 2016 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4557

Actions (login required)

View Item View Item