Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Desa Tri Manunggal Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Abdul Haviis, Haviis (2021) Peran Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Desa Tri Manunggal Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kondisi perekonomian yang ada di Desa Tri Manungal yang hanya mengharapkan pendapatan dari hasil kebun setiap panen, pendapatan yang tidak menetap dan kebutuhan hidup yang semakin tinggi namun pendapatan keluarga tidak menutupi kebutuhan yang di perlukan sehingga menuntut para ibu rumah tangga yang ada di Desa Tri Manunggal memilih untuk bekerja untuk membantu suami mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup demi meningkatkan kesejahteraan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa Peran Ibu Rumah Tangga dimana ibu rumah tangga sebagai penyokong dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Ibu rumah tangga di Desa Tri Manunggal yang mengambil peran dalam pemenuhan kebutuhan keluarga yang tidak sebanding dengan pendapatan yang diperoleh para suami . ibu rumah tangga yang memilih untuk bekerja dan membuka usaha seperti jualan bakso, sayuran, sarapan pagi, warung harian dan usaha lainnya yang bisa menambah pendapatan keluarga mampu membantu dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan terpenuhinya kebutuhan-kebuthan hidup keluarga seperti kebutuhan harian, jajan anak, dan membantu biaya sekolah anak, dan lain sebaginya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Ibu Rumah Tangga, Kesejahteraan Keluarga
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 22 Feb 2021 01:59
Last Modified: 22 Feb 2021 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45291

Actions (login required)

View Item View Item