Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM PEMERINTAH, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN (GROWTH) PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Study Empiris Pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

MUTIA SAFARINDA, - (2021) PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM PEMERINTAH, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN (GROWTH) PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Study Empiris Pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM PEMERINTAH, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN PERTUMBUHAN(GROWTH) PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN) YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Oleh: MUTIA SAFARINDA 11571200967 Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan operasi bisnis yang berkomitmen tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan secara finansial, melainkan pula untuk pembangunan social-ekonomi kawasan secara holistic, melembaga, berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana pengaruh kepemilikan saham pemerintah, leverage, profitabilitas, dan pertumbuhan perusahaan (growth) secara parsial maupun simultan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 6 perusahaan. Analisis yang digunakan yaitu regresi data panel dengan program aplikasi komputer Eviews versi 9. Hasil penelitian berdasarkan uji t menunjukkan secara parsial bahwa variabel kepemilikan saham pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR. Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR. Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR karena kemampuan perusahaan untuk meninngkatkan jumlah pengungkapan CSR tidak hanya di pengaruhi oleh posisi laba yang dimiliki perusahaan, akan tetapi lebih dipengaruhi oleh keberadaan seluruh elemen kinerja keuanngan yang fundamental, merupakan sistem yang saling menyatu dan saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.. Pertumbuhan perusahaan (growth) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR. Melalui uji f diketahui bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Angka Adjusted R Square sebesar 0.746519 atau 74.65% yang menunjukan bahwa 74.65% variabel pengungkapan CSR dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen. Sedangkan 25.35% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci: Kepemilikan saham pemerintah, leverage, profitabilitas, dan pertumbuhan perusahaan (growth) dan Corporate Social Responsibility (CSR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 21 Feb 2021 15:21
Last Modified: 21 Feb 2021 15:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45271

Actions (login required)

View Item View Item