Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK PERNIKAHAN USIA DINI BAGI USIA MUDA (STUDI KASUS DI DESA UKUI DUA KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN)

Dorry Armadi, - (2021) DAMPAK PERNIKAHAN USIA DINI BAGI USIA MUDA (STUDI KASUS DI DESA UKUI DUA KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan BAB V)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)

Abstract

Dorry Armadi (2020) : DAMPAK PERNIKAHAN USIA DINI BAGI USIA MUDA (STUDI KASUS DI DESA UKUI DUA KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN) Pernikahan bagi manusia merupakan hal yang penting, karena dengan pernikahan seseorang akan memperoleh keseimbangan hidup baik secara biologis, psikologis maupun secara sosial. Namun usia pernikahan yang terlalu muda dapat mengakibatkan meningkatnya kasus perceraian karena kurangnya kesadaran untuk bertanggung jawab dalam kehidupan berumah tangga. Beberapa kasus pernikahan usia dini banyak terjadi seperti di Desa Ukui Dua, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan dimana pada tahun 2018 ada sebanyak 2 orang yang menikah dalam usia dini dan pada tahun 2019 ada sebanyak 3 orang yang menikah dalam usia dini. Dampak yang kemudian timbul adalah usia pernikahan yang hanya beberapa tahun saja dan pisah tanpa proses hukum yang benar, keluarga yang tidak harmonis serta terjadinya tindakan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendapat yang dikemukakan oleh Akhmad Jayadiningrat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa dampak pernikahan usia dini bagi usia muda di Desa Ukui Dua, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan adalah berdampak negatif terhadap pasangan dan terhadap keluarga. Dimana istri yang ditinggalkan merasa sangat merasa sangat malu, depresi dan tertekan setalah ditinggalkan oleh suaminya sedangkan hubungan keluarga keduanya menjadi tidak baik karena dianggap telah mempermainkan sebuah pernikahan anaknya. Kata Kunci : Dampak, Pernikahan Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Feb 2021 09:09
Last Modified: 23 Feb 2021 09:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45259

Actions (login required)

View Item View Item