Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PEMANFAATAN LIMBAH JAGUNG DENGAN METODE 4R MENJADI ELEKTRODA SUPERKAPASITOR SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN DAMPAK KERUSAKAN LINGKUNGAN

SURYANDRI HALBI, - (2021) ANALISIS PEMANFAATAN LIMBAH JAGUNG DENGAN METODE 4R MENJADI ELEKTRODA SUPERKAPASITOR SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN DAMPAK KERUSAKAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN BAB V)
BAB IV DAN BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS PEMANFAATAN LIMBAH JAGUNG DENGAN METODE 4R MENJADI ELEKTRODA SUPERKAPASITOR SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN DAMPAK KERUSAKAN LINGKUNGAN SURYANDRI HALBI 11652103658 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM. 15 No 155, Pekanbaru 28293 e-mail:suryandrihalbi@gmail.com ABSTRAK Jagung merupakan hasil pertanian sumber makanan terbesar kedua di Indonesia setelah padi. Provinsi Riau khususnya Desa Perawang merupakan salah satu pengkonsumsi jagung, jagung yang dikonsumsi tentu saja menghasilkan limbah yang berpotensi merusak lingkungan jika dibiarkan begitu saja. Untuk itu dilakukan penelitian untuk menanggulangi kerusakan lingkungan yang diakibatkan dari limbah jagung khususnya di Desa Perawang. Hasil dari wawancara yang dilakukan dari beberapa pedagang jagung terlihat bahwa 90% limbah jagung yang dihasilkan dibuang begitu saja tanpa ada pengelolaan yang optimal, dan 10% limbah tersebut terkadang dimanfaatkan kembali oleh masyarakat untuk makan ternak mereka. Dampak yang ditimbulkan dari limbah jagung ini hanya berupa dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat, dimana timbulnya bau busuk dari limbah jagung yang bertumpukan dan berserakan, turunnya kualitas udara yang diakibatkan dari pembakaran limbah tersebut, dan mengakibatkan terganggunya aktivitas masyarakat sekitar akibat dari penumpukan dan pembakaran limbah jagung tersebut. Hal ini disebabkan kurang optimalnya penanggulangan dan pengelolaan yang dilakukan pemerintah setempat dalam penanggulangan limbah jagung tersebut. Maka dilakukan penerapan metode 4R guna menanggulangi kerusakan lingkungan akibat dari limbah jagung. Metode 4R yang digunakan yaitu reuce dan recycle, dimana limbah jagung tersebut digunakan dan dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang berguna seperti menjadi makan ternak hewan, kulitnya menjadi alas makanan, dan rambutnya dijadikan bahan teh. Serta limbah jagung ini didaur ulang kembali menjadi elektroda superkapasitor merupakan salah satu solusi yang diberikan pada penelitian ini, dimana data yang didapat dari hasil pengujian menggunakan cyclic voltametry dan menghasilkan nilai kapasitansi yang bagus yaitu sebesar 211,6522 F/g. Pemanfaatan limbah jagung menjadi superkapasitor ini sangat bagus dalam mengurangi dampak kerusakan lingkungan dan tentunya sangat bermanfaat bagi kemajuan masyarakat dan teknologi kedepannya nanti. Kata kunci: Limbah Jagung, Lingkungan, Superkapasitor, 4R.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Feb 2021 23:33
Last Modified: 22 Feb 2021 23:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45236

Actions (login required)

View Item View Item