Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS DALAM MENENTUKAN CENTRALITY AKUN ONLINE SHOP PADA INSTAGRAM UNTUK MENGETAHUI AKUN YANG BERPENGARUH DAN FOLLOWER POTENSIAL

Roni Suryadi, - (2021) PENERAPAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS DALAM MENENTUKAN CENTRALITY AKUN ONLINE SHOP PADA INSTAGRAM UNTUK MENGETAHUI AKUN YANG BERPENGARUH DAN FOLLOWER POTENSIAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN)
BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TA LENGKAP KECUALI BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Saat ini jumlah pengguna media sosial di Indonesia bertambah setiap tahunnya, berdasarkan hasil survei yang dipublikasi oleh datareportal.com menyatakan bahwa 150 juta penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial. Media sosial teknologi web 2.0 yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi antara penggunanya, saat ini media sosial banyak digunakan sebagai media pemasaran untuk menjangkau pasar yang lebih luas, saat ini salah satu media sosial yang terpopuler adalah Instagram. Instagram memiliki pengguna di Indonesia sebanyak 62 juta pengguna berdasarkan hasil survey yang dipublikasi oleh datareportal.com. Salah satu praktik pemasaran di Instagram yang dilakukann ukm atau online shop dengan cara melakukan follow terlebih dahulu kepada calon pelanggan dengan tujuan untuk menjadikannya follower. Permasalahannya pada praktik ini sulit untuk menemukan calon pelanggan atau follower yang potensial, sehingga sering kali terjadi pemasaran yang tidak tepat sasaran yang menghabiskan waktu dan biaya yang banyak. Sehingga dibutuhkannya sistem yang menerapkan Social Network Analysis dalam menentukan centrality akun online shop untuk mengetahui akun-akun yang berpengaruh dan follower potensial. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dihasilkannya sebuah sistem yang dapat mengetahui akun-akun yang berpengaruh dan follower potensial dari sebuah akun target yang berguna untuk membantu para ukm atau online shop untuk melakukan pemasaran yang lebih tepat sasaran. Kata kunci: Centrality, Directed graph, Instagram, Networkit, Social network analysis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:37
Last Modified: 24 Feb 2021 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45231

Actions (login required)

View Item View Item