Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Persepsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau terhadap Tayangan Iklan Politik Partai Perindo di Televisi MNC Group.

Fauza Frianda, - (2021) Persepsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau terhadap Tayangan Iklan Politik Partai Perindo di Televisi MNC Group. Skripsi thesis, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Fauza Frianda Jurusan : Ilmu Komunikasi (Broadcasting) Judul : Persepsi Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Broadcasting UIN Suska Riau Terhadap Tayangan Iklan Perindo di Stasiun Televisi MNC Group Iklan merupakan suatu bentuk komunikasi non personal yang bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat atau khalayak. Iklan diakui sebagai cara yang efektif dalam menerapkan isi pesan baik seseorang maupun organisasi atau partai politik yang sasarannya jelas kepada masyarakat luas. Dalam dunia periklanan, terdapat seseorang yang menjadi menjadi sorotan publik, yaitu Hary Tanoesoedibjo. Hary Tanoesoedibjo selaku pimpinan MNC Group yang mencakup RCTI, Global TV, MNC TV, INews TV dan lainnya yang juga menjabat sebagai calon kandidiat Partai Perindo mengambil banyak keuntungan bagi dirinya dan partai politik yang dipimpinnya dengan memapang iklan secara terus menerus disetiap media televisi yang dia pimpin. Hal ini secara tidak langsung memancing persepsi masyarakat terutama sekali mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik persepsi masyarakat Uin Suska Riau terhadap tayangan iklan politik Partai Perindo di televisi MNC Group. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 148 mahasiswa. Dikarenakan jumlah populasi yang banyak, maka penulis mengambil 55% dari jumlah populasi untuk dijadikan sebagai sampel dalam penelitian, dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 81 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode accidental sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan rumus persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa/i terhadap tayangan iklan Politik Partai Perindo di Televisi MNC Group berada dalam kategori baik. Artinya meskipun secara hukum iklan Perindo melanggar Pasal 11 P3 KPI tahun 2012 serta Pasal 11 ayat (1) dan ayat (2) SPS KPI tahun 2012, mahasiswa tetap memberikan persepsi yang baik terhadap iklan partai perindo yang ditayangkan di Televisi MNC Group, hal ini dikeranakan kurangnya perhatian mahasiswa terhadap tayangan-tayangan politik yang disiarkan oleh media Televisi. Kata kunci : Persepsi, Iklan, Partai Politik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Feb 2021 13:29
Last Modified: 24 Feb 2021 13:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45200

Actions (login required)

View Item View Item