PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIKMAH DARUSSALAM BAGAN BATU KABUPATEN ROKAN HILIR

Siti Salmiah, (2014) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIKMAH DARUSSALAM BAGAN BATU KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap hasil belajar siswa dalam pelajaran Aqidah Akhlak. Rumusan masalahnya adalah “Apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Sosiodrama dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan Metode Soiodrama?”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah Darussalam kelas VII.A dan VII.B yang berjumlah 48 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Metode Sosiodrama dan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan menerapkan Metode Sosiodrama, satu kali mengadakan pre tets dan mengadakan post tets. Untuk mengetahui hasil penelitian, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Tes “t” . Dari analisis data menunjukkan bahwa perbandingan to = 4,68, berarti lebih besar dari pada tt taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (4,68 2.01 dan 4,68 2.68) sehingga hipotesis kerja yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII.B Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah Darussalam diterima. Dan dari perbedaan mean rata-rata siswa menunjukkan sesudah penggunaan lebih tinggi dari pada hasil belajar sebelum penggunaan, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan penggunaan Metode Sosiodrama terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hikmah Darussalam Bagan Batu Kab. Rokan Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 May 2016 01:38
Last Modified: 08 May 2016 01:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4513

Actions (login required)

View Item View Item