Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kufur Juhud Dalam Alquran (Tela’ah kata kufr juhud dalam kitab tafsir Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an)

HERMANSYAH, HH (2021) Kufur Juhud Dalam Alquran (Tela’ah kata kufr juhud dalam kitab tafsir Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an). Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
tesis herman BAB 1-5.pdf

Download (56MB) | Preview
[img]
Preview
Text
herman BAB IV.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Kufur Juhud merupakan kufur pengingkaran dimana kata Juhud dipakai didalam Alquran sebanyak 12 kali. Dalam tesis ini penulis mengkaji ayat-ayat yang berkaitan dengan makna kufur Juhud yang terdapat dalam tafsir At-Tabari. Permasalahan pokok yang diangkat sebagai kajian utama adalah apa makna Juhud dalam Al-Qur’an menurut Tafsir At-Tabari serta siapa saja yang tergolong melakukan Juhud didalam kehidupan ini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Penelitian ini membahas ayat-ayat al-Quran secara langsung yang didukung dengan kitab tafsir, dan juga kitab-kitab yang dibutuhkan dalam pembahasan ini. Adapun metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode tematik. Makna Juhud menurut imam Ath-Tabari dalam tafsirnya memiliki beberapa makna yaitu; mengikuti pemimpin yang zalim, ada juga yang bermakna sombong, mendustakan Alquran, mengkhianati janji, tidak menerima ajaran nabi, mengingkari hari akhir, serta juga bermakna kufur nikmat. Dari makna-makna diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa orang yang melakukan kufur Juhud ialah 1). Pemimpin yang melakukan kezaliman dan orang yang mengikutinya dan membelanya. 2). Selalu melakukan kesombongan. 3). Orang yang suka mendustakan Alquran dengan tidak mengindahkan perintah dan larangan yang terdapat dalam Alquran. 4). Para pengkhianat yang tidak bisa menjaga amanah. 5). Penentang dakwah nabi dengan memprovokasi orang lain supaya meninggalkan dakwah nabi Muhammad SAW. 6). Mereka yang tidak mempercayai akan adanya hari akhir dan hari berbangkit. 7). Mereka yang mengingkari nikmat dari Allah SWT dengan tidak mengiktui perintah Allah SWT. dan rasul-Nya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist
Depositing User: pps -
Date Deposited: 22 Feb 2021 03:55
Last Modified: 22 Feb 2021 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45117

Actions (login required)

View Item View Item