Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Rambah.

Diana Ratnasari, Diana (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Rambah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Rambah melalui strategi Example Non Example. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa karena masih banyak siswa yang belum mampu menganalisis gambar terkait materi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 20 orang siswa Sekolah Dasar Negeri 008 Rambah. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi Example Non Example dan kemampuan beripikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan berpikir kritis siswa, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa strategi Example Non Example dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil kemampuan berpikir kritis siswa hanya mencapai 51,45% atau masih tergolong cukup. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 58,95% atau tergolong cukup. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 71,04% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Example Non Example dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Rambah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Example Non Example, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Feb 2021 17:02
Last Modified: 21 Feb 2021 17:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45116

Actions (login required)

View Item View Item