PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP N 23 PEKANBARU

Suci Andriani, (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP N 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian besar siswa tidak bisa menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan aspek pemahaman konsep dan penalaran matematika. Model pembelajaran yang bisa mengkondisikan siswa agar terbiasa menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP N 23 Pekanbaru?”, dan “Apakah ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematika siswa SMP N 23 Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini, peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 23 Pekanbaru semester genap tahun ajaran 2013/2014, sebagai sampel kelas eksperimen VIIIH dan kelas kontrol VIIII masing-masing berjumlah 40 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Uji normalitas data menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas data menggunakan uji Barlett, dan uji hipotesis menggunakan Mann Whitney U-test. Berdasarkan hasil Mann Whitney U-test menunjukkan nilai Zhitung > Ztabel. Nilai Z untuk kemampuan pemahaman konsep matematika yaitu Zhitung = 5,22 > Ztabel = 1,96, sedangkan nilai Z untuk penalaran matematika yaitu Zhitung = 3,08 > Ztabel = 1,96. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa yang belajar menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Artinya, ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa SMP N 23 Pekanbaru. Peneliti menyarankan agar penelitian ini dilanjutkan untuk dapat memperoleh informasi tentang pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 May 2016 01:28
Last Modified: 08 May 2016 01:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4510

Actions (login required)

View Item View Item