HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Alpriyandi, (2014) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Kompetensi Profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan. Sedangkan Prestasi Belajar Siswa adalah hasil belajar yang dicapai siswa ketika mengikuti dan mengerjarkan tugas dan kegiatan pembelajaran disekolah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana kompetensi profesional guru PAI dan bagaimana prestasi belajar siswa pada matapelajaran PAI serta bagaimana hubungan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 KecamatanSingingiKabupatenKuantanSingingi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan objeknya hubungan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam dan seluruh siswa kelas IX yang terdiri dari 74 orang siswa. Untuk mendapatkan data di lapangan, penulis menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk tenik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Analisis Korelasi Serial dengan rumus :           P OtOr SD MOO R tot tr ser 2 )( )}().{( Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Hal ini dapat dilihat dari angka korelasi yakni sebesar 1.013 angka ini jauh lebih besar dari pada “r” tabel pada taraf signifikansi 5% yakni 0.232 dan pada taraf signifikansi 1% yakni 0.302, (0.232 < 1.013 > 0.302). Ini berarti bahwa hipotesa alternatif yang diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 May 2016 01:19
Last Modified: 08 May 2016 01:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4508

Actions (login required)

View Item View Item