Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS PELAYANAN BAGIAN PENAGIHAN HUTANG BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) PAYUNG NEGERI BESTARI (PNB) PEKANBARU TERHADAP KEPUASAN NASABAH DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH

Heri Antoni, - (2020) KUALITAS PELAYANAN BAGIAN PENAGIHAN HUTANG BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) PAYUNG NEGERI BESTARI (PNB) PEKANBARU TERHADAP KEPUASAN NASABAH DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HERI ANTONI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Heri Antoni, (2020): Kualitas Pelayanan Bagian Penagihan Hutang Bank Perkreditan Rakyat Payung Negeri Bestari (PNB) Pekanbaru Terhadap Kepuasan Nasabah Ditinjau Menurut Ekonomi Syari’ah” Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa dalam rangka mencapai tingkat kepuasan nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Payung Negeri Bestari memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah dan memberikan rasa aman kepada nasabah terutama dalam hal pelayanan penagihan hutang. Pelayanan tersebut dilakukan karyawan bidang penagihan hutang dengan membantu para nasabahnya dalam hal memberikan kemudahan kepada nasabah yang ingin membayarkan angsurannya dengan tidak susah payah datang ke Bank BPR tersebut, dengan cara karyawan Bank BPR datang kerumah-rumah nasabahnya. Disamping itu pihak Bank BPR juga memberikan kelonggaran kepada nasabah yang terlambat membayarkan angsurannya. Hal ini memunculkan performance baik dalam hal kolektabilitas hutang di BPR PNB dimana jumlah nasabah Bank BPR Payung Negeri Bestari Pekanbaru yang mengalami masalah pembiayaan pada periode 2014-2018 terjadi penurunan pada periode 2016 jumlah nasabah 1216 terjadi penurunan sebanyak 18,14%. Penelitian ini dilakukan di Bank Perkreditan Rakyat Payung Negeri Bestari Pekanbaru yang beralamat di Jl. Tuanku Tambusai. Adapun yang menjadi populasi adalah seluruh nasabah Bank Perkreditan Rakyat Payung Negeri Bestari Pekanbaru yang berjumlah 1.523 orang.Berdasarkan rumus slovin dengan nilai e = 5% maka sampel dari penelitian ini berjumlah 39 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara dan angket. Penelitian ini menemukan bahwa pelayanan yang dilakukan PT. BPR Payung Negeri Bestari Pekanbaru yaitu dengan menerapkan beberapa hal, yaitu mengingatkan nasabah tanggal jatuh tempo pembayarannya, memberikan pengeritian secara persuasif kepada nasabah tentang kewajiban membayarkan angsurannya dan memberikan surat peringatan kepada nasabah yang terjadi penunggakan pembayaran, Berdasarkan pandangan dan tanggapan responden dapat disimpulkan bahwa pada umumnya responen cukup puas dengan kinerja bagian penagihan hutang di PT BPR PNB Pekanbaru. Dalam tinjauan Ekonomi Syariah menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan PT. BPR Payung Negeri Bestari dalam prakteknya diwujudkan oleh karyawan yang peduli dan membantu nasabah yang melakukan pembayran terhadap produk pembiayaan yang diambilnya. Hal ini merupakan bagian dari bentuk mewujudkan keadilan dalam pembiayaan yang sangat dianjurkan dalam bermuamalah. Selain prinsip keadilan PT. BPR PNB menggunakan prinsip kekeluargaan dalam penanganan semua keluhan dalam semua kegiatan perbankan. Keyword: Debt collector, BPR, Kepuasan Nasabah, ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Feb 2021 07:25
Last Modified: 19 Feb 2021 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44953

Actions (login required)

View Item View Item