Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OPTIMALISASI PERKEMBANGAN MORAL DAN AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE CERITA

UTRI ARDINA, - (2021) OPTIMALISASI PERKEMBANGAN MORAL DAN AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE CERITA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

UTRI ARDINA, (2021): OPTIMALISASI PERKEMBANGAN MORAL DAN AGAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE CERITA Penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (Library Research), yang berjudul “Optimalisasi Perkembangan Moral Dan Agama Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Cerita”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana optimalisasi perkembangan moral dan agama pada anak usia 5-6 tahun melalui metode cerita Jenis penelitian merupakan penelitian pustaka atau library research. Penelitian pustaka atau library research adalah menjadikan bahan pustaka menjadi berupa buku, majalah ilmiah, dokumen-dokumen dan materi lainnya yang dapat dijadikan sumber rujukan dalam penelitian ini. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu content analysis dan metode induksi. Hasil penelitian adalah guru dan orangtua dapat menggunakan metode cerita karena dapat merangsang perkembangan anak,1) pastikan anak dalam keadaan senang dalam mendengarkan cerita 2) pendidik harus selektif dalam menentukan tema 3) penyesuaian karakter dan ekspresi masing-masing tokoh dalam cerita 4) nada suara dan terampil menarik perhatian anak pada saat bercerita 5) mengondisikan anak. Dalam metode cerita anak juga dapat mengekpresikan atau meniru tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut, sehingga merangsang berbagai aspek yang ada dalam diri anak khusus nya aspek perkembangan moral dan agama pada anak. Dan guru dapat mengembangkan cerita dengan materi yang berbeda karena dengan menggunakan metode cerita pelajaran akan lebih menyenangkan bagi anak, karena dapat menanamkan nilainilai pendidikan yang baik, mengembangkan imajinasi anak dan membangkitkan rasa ingin tahu anak karena dapat belajar sambil bermain. Kata Kunci : Moral Agama dan Metode Cerita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Feb 2021 03:41
Last Modified: 22 Feb 2021 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44950

Actions (login required)

View Item View Item