Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 BANGKINANG

Raty Lestari (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh strategi belajar aktif tipe giving question and getting answer terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 2 Bangkinang dengan menguji ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara yang belajar menerapkan strategi belajar aktif tipe giving question and getting answer dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 298 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII.2 dan VIII.3, di mana kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Strategi Belajar Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data, perhitungan test t diperoleh thitung = 2,18 dengan α = 0,05 dan dk = 58 dari daftar distribusi t diperoleh ttabel = 2,00. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi belajar aktif tipe giving question and getting answer berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 2 Bangkinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 May 2016 00:13
Last Modified: 08 May 2016 00:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4493

Actions (login required)

View Item View Item