Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Keterampilan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar

Deni rahmatullah, - (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Keterampilan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Deni rahmatullah, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Keterampilan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap ketrampilan sosial siswa pada mata pelajaran fikih Di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs PPMTI Tanjung Berulak, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Non Acak yaitu purposive sampling. Purposive sampling digunakan apabila sasaran sampel yang diteliti telah memiliki karakteristik tertentu sehingga tidak mungkin diambil sampel lain yang tidak memenuhi karakteristik yang telah ditetapkan yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi kemudian data di analisis dengan uji t (test t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap ketrampilan sosial siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar teradapat pengaruh yang signifikan. Di ketahui berdasarkan hasil penyajian dan analisis data dengan menggunakan uji “t” (Test t) yaitu Nilai thitung= 122,107 berarti bahwa thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1 % dengan Df=Nx+Ny=32+20-2=52. Dalam tabel tidak terdapat df =52, maka dari itu digunakan df yang mendekati 52 yaitu df=60. Dengan di peroleh df dari ttabel pada tarif signifikan 5% dan 1% sebesar 2,00 dan 2,52. Ini berarti thitung >ttabel, maka di putuskan bahwa Ho di tolak Ha diterima. Ini artinya, ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode kooperatif tipe time token terhadap ketrampilan siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar. Kata Kunci: Pembeljaran kooperatif tipe time token, ketrampilan sosial siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Feb 2021 03:44
Last Modified: 22 Feb 2021 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44929

Actions (login required)

View Item View Item