Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TANGGUNG JAWAB ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AQIDAH ANAK MENURUT SURAH LUQMAN (Studi Komparatif Tematik Antara Tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Al-Azhar)

Ali Naphan Efendi, - (2021) TANGGUNG JAWAB ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AQIDAH ANAK MENURUT SURAH LUQMAN (Studi Komparatif Tematik Antara Tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Al-Azhar). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV Repository.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER sampai Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ali Naphan Efendi, 2020: “Tanggung Jawab Orang Tua dalam Mendidik Aqidah Anak Menurut Surah Luqman (Studi Komparatif Tematik Antara Tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Al-Azhar)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Tanggung Jawab Orang Tua dalam Mendidik Aqidah Anak Menurut Surah Luqman (Studi Komparatif Tematik Antara Tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Al-Azhar)?. Fakta realita menjawab bahwa anak-anak sekarang kurang kuat aqidahnya dengan bukti banyaknya yang terpengaruh dalam paham liberalism dan sekulerisme. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research) yang menggunakan berbagai sumber kepustakaan sebagai sumber data penelitian. Sumber data primer adalah buku tafsir Buya Hamka yaitu tafsir al-Azhar dan tafsir al-Maragi karangan Mustafa al-Maragi. Sedangkan Sumber data sekunder dalam penelitian adalah buku, artikel, majalah, surat kabar, atau sumber lainnya, yang kemudian diambil kesimpulan berdasarkan data tersebut dengan cara content analisis dengan metode tematik. Hasil menunjukkan bahwa tanggung jawab orang tua dalam mendidik aqidah anak menurut surah Lukman menurut Mustafa al-Maragi dalam tafsirnya dan Buya Hamka dalam tafsir Al-Azharnya, maka dapat di komparasikan bahwa tanggung jawab orang tua dalam mendidik aqidah iman anak-anaknya dalam surah Lukman adalah sebagai berikut: 1). Tanggung jawab orang tua harus mendidik anaknya aqidah iman tentang keyakinan kepada Allah yang gaib, Malaikat yang gaib, hari akhirat yang gaib dan penciptaan manusia di alam gaib. 2). Tanggung jawab orang tua mesti mendidik anaknya aqidah iman tentang kebenaran Nabi dan Rasul serta kitab yang di bawanya. 3). Tanggung jawab orang tua agar mendidik anaknya aqidah iman tentang takdir baik dan buruk dari Allah namun manusia harus berusaha dan berikhtiar untuk menjauhkan keburukan dan mencari kebaikan dalam hidup di dunia dan agar menuai di akhirat. 4). Tanggung jawab orang tua menanamkan pendidikan aqidah iman pada anaknya dengan tunduk dan patuh pada Allah melalui ibadah shalat dan ziswaf (zakat, infaq, sadaqah). 5). Tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak tentang keyakinan akan pentingnya berbuat baik kepada ketua orang tua serta amar makruf nahi mungkar. Adapun perbedaan keduanya adalah pada pemaknaan iman kepada yang ghaib, menurut Buya Hamka hanya sebatas iman kepada yang ghaib saja, sedangkan oleh al-Maraghi di jabarkan secara detail, keduanya sama dalam subtansi, beda dalam istilah. Kata Kunci: Tanggung Jawab Orang Tua, Mendidik Aqidah Anak, Surah Luqman.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:05
Last Modified: 19 Feb 2021 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44915

Actions (login required)

View Item View Item