PENGARUH PENERAPAN TEORI KOGNITIF PIAGET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RENGAT

Sri Muliyani, (2014) PENGARUH PENERAPAN TEORI KOGNITIF PIAGET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RENGAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Rendahnya pemahaman matematika siswa terhadap materi Garis singgung lingkaran adalah karena kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan, siswa tidak diberikan kesempatan untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, sehingga siswa kurang memahami konsep dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini “Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan Penerapan Teori Kognitif Piaget Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional”. Adapun rumusan masalahnya “apakah terdapat pengaruh pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan penerapan Teori Kognitif Piaget Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini ingin melihat Pengaruh Penerapan Teori Kognitif Piaget Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa dikelas eksperiman dan siswa dikelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya pengaruh dalam pemahaman konsep Matematika siswa yang signifikan setelah penerapan Teori Kognitif Piaget Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung adalah 2,23 dan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu thitung > ttabel karena 2,23 > 2,00 , sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Ha diterima berarti Adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti bahwa, adanya pengaruh pemahaman konsep siswa yang belajar menggunakan Penerapan Teori Kognitif Piaget melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 May 2016 23:51
Last Modified: 07 May 2016 23:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4487

Actions (login required)

View Item View Item