Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI FEATURE SELECTION DALAM PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENEMUKAN POLA ASOSIASI TERHADAP KELULUSAN MAHASISWA

Kurniado, - (2021) IMPLEMENTASI FEATURE SELECTION DALAM PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENEMUKAN POLA ASOSIASI TERHADAP KELULUSAN MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian( Bab IV dan atau Bab V ).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
FIle hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V ).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Teknik Informatika merupakan salah satu program studi yang berada di fakultas Sains dan Teknologi. Permasalahan utama dari program studi Teknik Informatika yaitu keterlambatan kelulusan mahasiswa yang sangat tinggi. Banyak sekali faktor yang berpengaruh terhadap keterlambatan kelulusan mahasiswanya, oleh karena itu jurusan Teknik informatika sangat membutuhkan analisa untuk menyelesaikan masalah keterlambatan kelulusan mahasiswanya, sehingga akan diketahui faktor apa saja yang mempengaruhi keterlambatan kelulusan mahasiswanya. Penelitian ini mengunakan algoritma Feature Selection dalam menerapkan algoritma Fp-Growth untuk menemuka pola asosiasi terhadap keterlambatan kelulusan mahasiswa. Feature Selection yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu Information Gain, Gain Ratio dan Symmetrical Uncertainty. Feature Selection akan diterapkan dalam tahap preprocessing data sebelum menerapkan algoritma Fp-Growth. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengujian blackbox, akurasi model asosiasi dengan menggunakan Lift Ratio dan rapidminer. Berdasarkan pengujian Lift Ratio untuk Feature Selection, Gain Ratio dan Symmetrical Uncertainty mengungguli Information Gain dalam hal pembentukan association rules. Dari 92 association rule yang terbentuk terdapat 11 atribut yang berpengaruh terhadap keterlambatan kelulusan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:39
Last Modified: 19 Feb 2021 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44828

Actions (login required)

View Item View Item