Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE MEL FREQUENCY CEPSTRUM COEFFICIENT DAN LEARNING VECTOR QUANTIZATION UNTUK KLASIFIKASI TEMPO BACAAN AL-QURAN

Debi Saputra Yasri, - (2021) PENERAPAN METODE MEL FREQUENCY CEPSTRUM COEFFICIENT DAN LEARNING VECTOR QUANTIZATION UNTUK KLASIFIKASI TEMPO BACAAN AL-QURAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Debi I II III dan VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab IV-V)
Debi 4-5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)

Abstract

Al-Quran merupakan pedoman dalam menjalani hidup yang wajib kita baca, pahami, hayati dan kita amalkan. Ilmu Tajwid adalah ilmu pengetahuan tentang kaidah serta membaca Al-Quran dengan sebaik-baiknya. Membaca Al-Quran tidak seperti membaca novel atau koran yang bisa sesuka hati kita cepat atau lambat membacanya. Tingkatan tempo membaca Al-Quran yang digunakan yaitu, At-Tahqiq (pelan untuk belajar) dan At-Tadwir (sedang). Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk ekstraksi ciri data suara adalah Mel Frequency Cepstrum Coefficient (MFCC) dan metode yang digunakan untuk klasifikasi tempo bacaan Al-Quran adalah Learning Vector Quantization (LVQ). Suara yang digunakan adalah suara qori laki laki dewasa dengan total 5.710 data suara. Akurasi tertinggi terdapat pada persentase pembagian data 90:10 dengan nilai α 0,1 yaitu dengan 96,1471%. Nilai α sangat berpengaruh terhadap nilai akurasi yang dihasilkan. Diharapkan pada pelelitian selanjutnya dapat mengklasifikasikan pengucapan at-tartil dan al-hadr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Feb 2021 14:04
Last Modified: 19 Feb 2021 14:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44678

Actions (login required)

View Item View Item