Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI HAK TENAGA KERJA PEREMPUAN DALAM PEMBERIAN AIR SUSU IBU EKSLUSIF DISAAT JAM KERJA BERDASARKAN PASAL 83 UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (Studi Kasus di PT Berlian Inti Mekar Kecamatan Dayun Kabupaten Siak)

Rendy Erianto, - (2021) IMPLEMENTASI HAK TENAGA KERJA PEREMPUAN DALAM PEMBERIAN AIR SUSU IBU EKSLUSIF DISAAT JAM KERJA BERDASARKAN PASAL 83 UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (Studi Kasus di PT Berlian Inti Mekar Kecamatan Dayun Kabupaten Siak). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RENDY ERIANTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rendy Erianto, (2021): Implementasi Hak Tenaga Kerja Perempuan Dalam Pemberian Air Susu Ibu Ekslusif Disaat Jam Kerja Berdasarkan Pasal 83 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan (Studi Kasus di PT Berlian Inti Mekar Kecamatan Dayun Kabupaten Siak ) Bagi tenaga kerja perempuan dengan adanya peraturan didalam pasal 83 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan mengatur bahwa Pekerja/Buruh perempuan yang anaknya masih menyusui harus diberi kesempatan sepatutnya untuk menyusui anaknya jika hal itu harus dilakukan selama waktu kerja. Fakta yang tampak, di PT Berlian Inti Mekar tidak menyediakan fasilitas khusus untuk keberlangsungan proses menyusui. Penelitian ini memfokuskan kepada dua rumusan masalah yaitu Bagaimana implementasi terhadap hak tenaga kerja perempuan dalam pemberian Air Susu Ibu Ekslusif disaat jam kerja berdasarkan pasal 83 Undang-Undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan faktor penghambat penerapan hak tenaga kerja perempuan tersebut dalam pemberian Air Susu Ibu Ekslusif disaat jam kerja di PT Berlian Inti Mekar. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian hukum sosiologis disebut juga dengan penelitian lapangan, yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta yang terjadi dalam kenyataan dimasyarakat. Penelitian hukum sosiologis ini dilakukan langsug ke lapangan dengan melakukan observasi dan pengamatan serta di lanjutkan dengan wawancara pada PT Berlian Inti Mekar Kecamatan Dayun kabupaten Siak tentang penerapan terhadap hak tenaga kerja perempuan dalam pemberian Air Susu Ibu Ekslusif disaat jam kerja. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriftif yaitu menggambarkan masalah yang diteliti sesuai data yang di peroleh kemudian di analisa. Metode deskriftif ini merupakan suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mengenai Implementasi Hak Tenaga Kerja Perempuan Dalam Pemberian Air Susu Ibu Ekslusif di saat Jam Kerja di PT Berlian Inti Mekar belum terlaksana sepenuhnya. Hal ini peneliti dapati terjadi berdasarkan dua faktor:,(1).faktor internal, yang meliputi:,(a).kurangnya kesadaran perusahaan,(b).keterbatasan ruang fasilitas bangunan,(c). minimnya jumlah tenaga kerja,(d).kurangnya informasi,(e). kurangnya komunikasi,(f). kurangnya pemahaman hukum.(2).faktor eksternal, yang meliputi:,(a). kurangnya pengawasan dan sosialiasi dari dinas tenaga kerja dan Transmigrasi,(b).tidak adanya penerapan sanksi Kata kunci: Implementasi, Hak tenaga kerja perempuan, Faktor penghambat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:58
Last Modified: 19 Feb 2021 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44655

Actions (login required)

View Item View Item