PENGARUH PENGGUNAAN POWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 RENGAT

Nurhalimi, (2014) PENGARUH PENGGUNAAN POWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 RENGAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahuiadatidaknyapengaruh penggunaan powerpoint sebagai media pembelajaran dalam model pembelajaran langsung terhadaphasilbelajarmatematikasiswa yang dilatar belakangi oleh rendahnyahasilbelajarmatematikasiswadikarenakankurangtepatnyastrategipembela jaran yang digunakan. Penggunaan powerpoint sebagai media pembelajaran dalam model pembelajaran langsung merupakan salah satu cara untukmengatasimasalahrendahnyahasilbelajar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Rengat kelas VIII. Dua kelas dipilih dengan menggunakan teknik random sampling untuk dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dari hasil tes akhir terlihat adanya perbedaan dari mean kelas eksperimen yang berjumlah 70,58 lebih tinggi dari mean kelas kontrol yaitu 60,55 dan perbandingan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung adalah 2,23 dan ttabel adalah 2,00 sehingga dapat diambil keputusan bahwa thitung > ttabel karena 2,23>2,00. Ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan powerpoint sebagai media pembelajaran dalam model pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat.Dengan demikian guru mata pelajaran matematika dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakanpowerpointsebagai media pembelajaran dalam model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 May 2016 19:21
Last Modified: 04 May 2016 19:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4463

Actions (login required)

View Item View Item