Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Online dan Kaitannya Dengan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 111 Pekanbaru

Surma Hayani, - (2021) Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Online dan Kaitannya Dengan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 111 Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)

Abstract

ABSTRAK Surma Hayani, (2021): Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Online dan Kaitannya Dengan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 111 Pekanbaru Motivasi belajar merupakan dorongan agar individu dapat mencapai tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar matematika dengan ketersediaan sarana dan prasarana belajar pada pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 111 Pekanbaru. Sampel yang hanya diambil 32 siswa dengan teknik sample random sampling, yaitu dengan secara acak tanpa melihat tingkatan/strata. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan studi pustaka. Variabel terdapat dua yaitu variabel independent (ketersediaan sarana dan prasarana) dan dependent (motivasi belajar matematika). Prasyarat analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas dan uji linieritas. Teknik Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, pertama, pada pandemi Covid-19 siswa kelas IV SDN 111 Pekanbaru mempunyai motivasi belajar matematika yang tinggi pada proses pembelajaran online. Kedua, pada pandemi Covid-19 siswa kelas IV SDN 111 Pekanbaru memiliki ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai saat proses pembelajaran online. Ketiga, motivasi belajar matematika dengan ketersediaan sarana dan prasarana belajar siswa mempunyai hubungan yang signifikan dalam proses pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Dengan hasil signifikansi 0,030 lebih kecil dari 0,05 maka terdapat hubungan antara motivasi belajar matematika dengan ketersediaan sarana dan prasarana belajar pada pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Kata Kunci: Pembelajaran online, Motivasi Belajar matematika, sarana dan Prasarana, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:59
Last Modified: 18 Feb 2021 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44608

Actions (login required)

View Item View Item