PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Nurdina Safitri, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model Problem Based Instruction dengan menggunakan Mind Map terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penerapan model Problem Based Instruction dengan menggunakan Mind Map terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa?”. Desain penelitian ini adalah Intact-Group Comparison yang merupakan bagian dari desain penelitian Pre-Experimental Designs, dimana satu kelompok yang digunakan dalam penelitian dibagi dua, yaitu setengah kelompok sebagai kelompok eksperimen dan setengah kelompok sebagai kelompok kontrol. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 40 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dilaksanakan pembelajaran model Problem Based Instruction dengan menggunakan Mind Map dan satu kali pertemuan dilaksanakan re-teaching dengan tutor sebaya dan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa Problem Based Instruction dengan menggunakan Mind Map memberikan pengaruh kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menunjukkan nilai thitung = 2,84 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,02 dan 2,72.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 May 2016 18:38
Last Modified: 04 May 2016 18:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4448

Actions (login required)

View Item View Item