Rona Hardianto (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SEND A PROBLEM DI KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 012 PURNAMA KECAMATAN DUMAI BARAT KOTA DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (92kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik pembelajaran send a problem dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas Va SDN 012 Purnama Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai.Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas Va dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan menggunakan teknik send a problem di kelas Va Sekolah Dasar Negeri 012 Purnama kecamatan Dumai Barat kota Dumai. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dirancang dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan instrument dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar kerja siswa dan lembar evaluasi. Data di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistic deskripif. Berhasilnya penerapan teknik pembelajaran send a problem dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas Va SDN 012Purnama kecamatan Dumai Barat kota Dumai, dapat diketahui dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan, siswa yang tuntas sebanyak 11 orang atau 42,31%.Pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 17 orang atau 65,39%. Pada siklus IIsiswa yang tuntas hasil belajarnya berjumlah 22 orang atau 84,61%. Dari data tersebut, hasil belajar siswa telah >75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan penerapan teknik send a problem dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengatahuan Alam kelas Va Sekolah Dasar Negeri 012 Purnama kecamatan Dumai Barat kota Dumai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 04 May 2016 18:27 |
Last Modified: | 04 May 2016 18:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4443 |
Actions (login required)
View Item |