Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SEMIOTIK TENTANG REPRESENTASI PESAN AKHLAK TERPUJI DALAM FILM ANIMASI OMAR DAN HANA “SERI KISAH OMAR DAN HANA : HANA TAKUT”

Reny Ananda, - (2020) ANALISIS SEMIOTIK TENTANG REPRESENTASI PESAN AKHLAK TERPUJI DALAM FILM ANIMASI OMAR DAN HANA “SERI KISAH OMAR DAN HANA : HANA TAKUT”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Reny Ananda Nim : 11643202199 Judul : Analisis Semiotik Tentang Representasi Pesan Akhlak Terpuji Dalam Film Animasi Omar Dan Hana “Seri Kisah Omar Dan Hana : Hana Takut” Pendidikan akhlak sangat penting diberikan kepada setiap manusia terutama sejak dini. Nilai pendidikan akhlak terutama akhlak terpuji merupakan hal yang dianggap penting yang dilakukan seseorang untuk memberikan bimbingan, baik jasmni maupun rohani melalui penanaman nilai-nilai Islam, latihan moral, serta menghasilkan perubahan yang bersifat positif dan nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu media yang dapat dijadikan media pembelajaran akhlak adalah film, terutama film animasi yang akrab dengan anak-anak. Film “Omar dan Hana: Hana Takut” merupakan tayangan animasi yang menyampaikan pesan islami melalui alur cerita dan lagu-lagu untuk anak berusia satu hingga enam tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana peneliti menjelaskan analisis semiotika dengan menggunakan teori Roland Barthes yang bertujuan untuk menginterpretasikan penanda-penanda visual dan verbal menjadi petanda sikap akhlak terpuji. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Film Omar dan Hana, sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku, jurnal, skripsi, internet, Al-Quran dan literatur lain yang relevan. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa film Omar dan Hana episode Hana takut mengandung nilai-nilai akhlak terpuji baik secara eksplisit maupun implisit seperti contohnya kesabaran, keberanian, kejujuran, sopan santun, tolong menolong dan saling memaafkan. Kata kunci: akhlak terpuji, film Omar dan Hana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 17 Feb 2021 08:04
Last Modified: 19 Feb 2021 01:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44398

Actions (login required)

View Item View Item