Siti Rohani, - (2021) OPTIMALISASI KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
Abstract
Siti Rohani, (2021): Optimalisasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan metode bermain peran dapat mengoptimalkan keterampilan sosial anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library Research). Penelitian kepustakaan berisi teori-teori yang relevan dengan masalah penelitian, terutama dari artikelartike yang dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah, buku. Sumber data pada penelitian kepustakaan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Tenik analisis yang digunakan yaitu deduktif, metode deskritif dan analisis dokumen. Keterampilan sosial merupakan bagian dari kecakapan hidup (life skills). Maka keterampilan sosial akan membawa seseorang untuk lebih berani menyatakan pendapat, mengungkapkan setiap perasaan permasalahan yang dihadapi dan sekaligus menemukan penyelesaian (solusi). Oleh karena itu bermain peran dapat memberikan pengalaman kepada anak, meningkat kemampuan berbicara anak menumbuhkan rasa percaya diri anak, dan meningkatkan daya khayal (imajinasi). Hal ini bisa dilihat ketika anak bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan temannya. Berdasarkan kajian atau analisa kepustakaan yang peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat mengoptimalkan keterampilan sosial anak usia dini. Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Bermain Peran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 01:43 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 01:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44389 |
Actions (login required)
View Item |