PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTs NEGERI PANGEAN

Deska Jumadi, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTs NEGERI PANGEAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidak pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan strategi inkuiri terhadap pemecahan masalah matematika siswa MTs Negeri Pangean. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif investigasi kelompok dengan strategi inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Negeri Pangean?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan strategi inkuiri dan variabel terikatnya adalah pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri Pangean Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII MTs Negeri Pangean. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai pemecahan masalah matematika siswa dilakukan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung adalah 1,92 dan nilai ttabel adalah 2,02. Oleh karena itu thitung < ttabel karena 1,92 < 2,02 , sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan strategi inkuiri terhadap pemecahan masalah matematika siswa MTs Negeri Pangean

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 May 2016 18:18
Last Modified: 04 May 2016 18:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4438

Actions (login required)

View Item View Item