PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSON DENGAN PEMBERIAN TUGAS CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS X SMA NEGERI 8 DURI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

Mona Fathia Pebriani, (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSON DENGAN PEMBERIAN TUGAS CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS X SMA NEGERI 8 DURI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar Kimia siswa SMA Negeri 8 Duri pada pokok bahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kelas X SMA Negeri 8 Duri melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Peer Lesson dengan pemberian tugas Crossword Puzzle. Penelitian ini dengan rancangan pretest dan posttest, dengan jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X3 (kelas eksperimen) yang berjumlah 38 siswa dan kelas X5 (kelas kontrol) yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu pengenalan kimia, pretest dan posstest sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,54 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan rumus N-gain, dimana didapatkan N-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,609 yang termasuk kategori sedang dan N-gain hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 0,505 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 May 2016 18:06
Last Modified: 04 May 2016 18:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4434

Actions (login required)

View Item View Item