Aulia Andriyanto, - (2021) Strategi Komunikasi Palang Merah Indonesia (PMI) Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Melakukan Donor Darah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Aulia Andriyanto Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Palang Merah Indonesia (PMI) Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Melakukan Donor Darah Strategi komunikasi adalah kombinasi yang terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, saluran (media), penerima sampai pengaruh (efek) yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi maksmial. Dalam menangani masalah kekurangan stok darah di PMI kabupaten Indragiri Hilir, PMI membuat strategi dalam meningkatkan jumlah pendonor darah. Donor darah sangat penting bagi masyarakat seiring dengan kesadaran masyarakat terhadapat donor darah sangatlah kurang. Sementara itu manfaat donor darah tidak banyak di ketahui oleh masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir sehingga tidak mendapat perhatian yang begitu mendalam bagi masyarakat tersebut. Disisi lain PMI Kabupaten Indragiri Hilir telah melakukan sosialisasi pentingya donor darah untuk masyarakat, namun tingkat kepedulian masyarakat sangatlah kurang sehingga masyarakat tidak sepenuhnya merasakan sepenuhnya manfaat dari donor darah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa bagaimana strategi komunikasi Humas PMI Kabupaten Indragiri Hilir dalam meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan donor darah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif melalui teknik wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan teori AIDDA (Awerness, Interest, Desire, Decision, dan Action). Hasil penelitian adalah, Kesadaran (Awareness) timbul dari pesan yang disampaikan saat sosialisasi, Perhatian (Interest) didapat dari tawaran manfaat donor darah yang dikemas sangat menarik, Keinginan (Desire) keinginan timbul karena petugas PMI memberikan sentuhan persuasif saat melakukan sosialisasi, Keputusan (Decision) timbul setelah isi pesan saat sosialisasi telah disampaikan pada masyarakat, Tindakan (Action) timbul setelah pesan yang disampaikan dan kembali kepada masyarakat, hendak melakukan donor darah atau tidak. Dengan strategi ini menjadikan usaha PMI Kabupaten Indragiri Hilir menambah tingkat kesadaran masyarakat melakukan donor darah, serta bisa mencukupi kekurangan stok darah di PMI Kabupaten Indragiri Hilir. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Awareness, Interest, Desire, Decision, Action, Donor Darah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 07:03 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 07:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44303 |
Actions (login required)
View Item |