Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pemberian Arang (Biochar) Pelepah Kelapa Sawit Terhadap Perubahan Sifat Fisik Tanah Podsolik Merah Kuning (PMK)

SAMSUL MUARIF, - (2021) Pengaruh Pemberian Arang (Biochar) Pelepah Kelapa Sawit Terhadap Perubahan Sifat Fisik Tanah Podsolik Merah Kuning (PMK). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (GABUNG BAB I, BAB II, BAB III, BAB, V DAN LAMPIRAN)
FILE LENGKAP KECUALI BAB HASIL DAN PEMBAHSAN (BAB IV).pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE BAB HASIL DAN PEMBASAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)

Abstract

Tanah podsolik merah kuning adalah salah satu tanah yang banyak memiliki permasalahan diantaranya tanah kurang subur, kandungan organik rendah, agregat kurang stabil, aerasi buruk, bobot isi tinggi dan porositas rendah adapun solusi untuk memperbaiki masalah tersebut adalah dengan menambah biochar ke tanah PMK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian biochar pelepah kelapa sawit terhadap perubahan sifat fisik tanah PMK. Penelitian ini dilaksanakan dirumah kaca Fakultas Pertanian dan Peternakan pada Bulan April 2020. Sifat fisik tanah di analisis di Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Riau, Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok satu faktor dengan perlakuan yaitu A0=0% biochar, A1=5% biochar, A2=10% biochar dan A3=15% biochar. Parameter pengamatan dalam penelitian ini adalah bobot isi, porositas, kadar air, tekstur tanah, dan warna tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemberian biochar pelepah kelapa sawit terhadap perubahan sifat fisik tanah PMK, hal ini dapat diketahui dari adanya perubahan nyata dari hasil bobot isi tanah yang terbaik yakni 1,00 gram/cm3, porositas tanah meningkat yakni 53,40%, kadar air tanah meningkat yakni 40,74%, tekstur tanah dari liat hingga lempung berpasir dan pemberian biochar memberi pengaruh pada warna tanah dari warna merah hingga menjadi warna coklat tua kekuningan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:06
Last Modified: 17 Feb 2021 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44290

Actions (login required)

View Item View Item