Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Pemasaran Paket Ibadah Umrah Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah pada PT. Amanah Travel Pekanbaru Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam

Ben Ridho Azwanda, Ben (2021) Analisis Pemasaran Paket Ibadah Umrah Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah pada PT. Amanah Travel Pekanbaru Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam menjalakan kegiatan operasional, PT. Amanah Travel Pekanbaru menerapkan sistem pemasaran agar dapat menarik jumlah calon jamaah umrah dengan melakukan inovasi produk perjalanan umrah, perjalanan wisata religi, penetapan variasi harga yang terjangkau oleh calon jamaah tanpa mengurangi kualitas pelayanan, pemilihan lokasi kantor yang strategis, serta peningkatan sumber daya manusia. Namun fenoma yang didapat dilapangan sepanjang tahun 2019 terjadi penurunan jumlah jamaah umrah pada PT. Amanah Travel Pekanbaru. Maka dirumuskan masalah Analisis pemasaran paket ibadah umrah dalam meningkatkan jumlah jamaah pada PT. Amanah Travel Pekanbaru dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap analisis pemasaran paket ibadah umrah dalam meningkatkan jumlah jamaah pada PT. Amanah Travel Pekanbaru dengan tujuan penelitian untuk mengetahui sistem pemasaran yang dilakukan oleh PT. Amanah serta mengetahui tinjauan ekonomi islam dalam penerapan sistem pemasaran pada PT. Amanah Travel. Populasi dalam penelitian ini jamaah ibadah umrah sebanyak 69 orang yang semua populasi dijadikan sampel dengan metode Total sampling. Dan untuk memperkuat data peneliti juga mewawancarai 2 orang pihak PT. Amanah Travel Pekanbaru. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi kepustakaan. Kemudian dianalisa menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian PT. Amanah Travel Pekanbaru sebagai biro umroh yang telah menerapkan sistem pemasaran yang mapan dan profesional, mulai dari pemilihan karyawan, pengerahan seluruh karyawan sebagai marketing, menerapkan karakteristik syariah marketing, perencanaan produk, penetapan harga, lokasi dan penetapan cara-cara promosi terhadap jamaah. Dengan memperhatikan kebutuhan serta keinginan dari pihak perusahaan dalam membimbing jamaah dalam beribadah umroh. Pemasaran yang di padukan dengan bauran pemasaran (marketing mix) yang berorientasi kepada kepuasan jamaah. Sistem yang digunakan PT. Amanah Travel dalam pemasaran yaitu pemasaran acuan atau Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Tinjauan ekonomi islam terhadap sistem pemasaran paket ibadah umrah dalam meningkatkan jumlah jamaah pada PT. Amanah Travel pekanbaru sesuai dengan prinsip ekonomi islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Promosi, Marketing Mix.
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Feb 2021 15:14
Last Modified: 22 Feb 2021 15:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44272

Actions (login required)

View Item View Item