Dewi Purnama Sari (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP ISLAM YLPI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran Discovery-Inquiry dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penerapan metode pembelajaran Discovery-Inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan materi Bangun Datar Segitiga siswa kelas VII di SMP Islam YLPI Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam YLPI Pekanbaru sebanyak 68 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan metode pembelajaran DiscoveryInquiry. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery-Inquiry dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh keterangan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran Discovery-Inquiry dibandingkan dengan siswa yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dimana rata-rata nilai siswa kelas eksperimen 76,58 dan kelas control 68,41. Hasil dari perhitungan tes “t” diperoleh = 2,88, dengan = 0,05 dan dk = 66 dari daftar distribusi t diperoleh = 2,00. Maka diperoleh keputusan bahwa hipotesis nihil ditolak. Berdasarkan hasil data tersebut, diambil kesimpulan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran Discovery-Inquiry dibandingkan dengan siswa yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional di SMP Islam YLPI Pekanbaru. Karena terdapat perbedaan perbedaan kemampuan pemecahan masalah, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Discovery-Inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan materi Bangun Datar Segitiga siswa kelas VII di SMP Islam YLPI Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 04 May 2016 17:36 |
Last Modified: | 04 May 2016 17:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4424 |
Actions (login required)
View Item |