Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Materi Energi untuk Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Tapung Hilir.

Muhamad Syarifudin, - (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Materi Energi untuk Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Tapung Hilir. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB 4 SYARIF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhamad Syarifudin, (2021): Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Materi Energi untuk Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Tapung Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran dengan mendeskripsikan proses pengembangan media, (2) mendeskripsikan tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis komik islami, (3) mendeskripsikan kepraktisan media komik islami dan (4) mendeskripsikan efektifitas media komik islami dengan materi energi untuk kelas IV SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa angket lembar validasi ahli yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, lembar uji kepraktisan oleh guru kelas IV Sekolah Dasar dan tes siswa untuk uji efektifitas. Analisis data menggunakan Skala Likert untuk uji validasi ahli dan uji kepraktisan, serta SPSS digunakan untuk uji efektifitas. Berdasarkan uji validitas oleh ahli memperoleh nilai rata-rata aspek materi sebesar 4,81, aspek kebahasaan sebesar 4,66 dan aspek media sebesar 4,66. Secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 4,71 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang dilakukan oleh 3 (tiga) orang guru kelas IV SD terhadap media komik islami diperoleh nilai rata-rata 4,59 dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil uji efektifitas diperoleh nilai signifikansi dari 3 sekolah yang di uji yaitu SDN 020 Sekijang nilai signifikansi 0,001; SDN 001 Sekijang nilai signifikansi 0,000; SDN 015 Kota Garo nilai signifikansi 0,009. Nilai signifikansi tersebut < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan nilai pretest dan postest dan media dapat dikategorikan efektif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis komik islami yang dikembangkan valid, praktis dan efektif serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang bermanfaat. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Komik Islami, Kemampuan Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:43
Last Modified: 18 Feb 2021 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44227

Actions (login required)

View Item View Item