Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT BERDASARKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 14 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT DI KECAMATAN RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR

SRI JUPITA, - (2021) PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT BERDASARKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 14 TAHUN 2013 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT DI KECAMATAN RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sri Jupita (2020): Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Di Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini adalah penelitian sosiologis yang dilakukan oleh penulis di Puskesmas Kecamatan Rimba Melintang di Jalan Lintas Bagan Siapi-api Kabupaten Rokan Hilir. Adapun yang menjadi obyek Populasi adalah sebanyak 104 orang yang terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan, Wakil Kepala Puskesmas, Tim Medis/ pekerja Puskesmas dan masyarakat program jaminan kesehatan masyarakat Daerah. Namun jumlah besarnya penulis mengambil sampel yang diantaranya adalah 1 orang Kepala Dinas Kesehatan, 1 orang Wakil Kepala Puskesmas, 2 orang Tim Medis serta 50 orang masyarakat program jaminan kesehatan. Sumber data dalam penelitiaan ini adalah Data Primer dan Data Skunder, untuk pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode dengan cara wawancara dan observasi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan program jaminan kesehataan masyarakat di Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir menurut Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2013 serta faktor-faktor yang melatarbelakangi atau penghambat dari rendahnya tingkat pelayanan dan hak peserta jaminan kesehatan msyarakat di Kecamatan Rimba Melintang menurut Peraturan Bupati No 14 Tahun 2013 tersebut. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka dapatlah diambil sebuah kesimpulan bahwa pelaksanaan program jaminan kesehatan terhadap pelayanan masyarakat di Puskesmas Kecamatan Rimba Melintang kurang maksimal, seharusnya masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik sesuai dengan peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2013 tentang pedoman pelasanaan program jaminan kesehatan msayarakat yang telah di tetapkan yaitu memberi kemudahan biaya kesehatan dan mendapatkan hak pelayanan yang baik jika melakukan pengobatan di Rumah Sakit maupun Puskesmas yang ada di Kabupaten Rokan Hilir Kecamatan Rimba Melintang, karena dengan adanya program jaminan kesehatan masyarakat ini sangat membantu masyarakat yang hendak melakukan pengobatan bagi masyarakat miskin. Kemudian yang menjadi faktor yang melatarbelakangi rendahnya tingkat pelayanan di Puskesmas sehingga pelaksanaannya tidak berjalan dengan baik, yang terdiri dari yaitu minim atau sedikitnya tenaga medis, terbatasnya fasilitas medis, terbatasnya dana yang disalurkan oleh Pemerintah untuk penanganan medis serta penyalahgunaan wewenang tenaga medis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Feb 2021 02:36
Last Modified: 16 Feb 2021 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44224

Actions (login required)

View Item View Item